LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI
WILAYAH V YOGYAKARTA
Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta
IKUTI KAMI
Berita LLDIKTI V local_library Perencanaan dan Penganggaran visibility 331 kali
LLDikti Wilayah V Raih Penghargaan Peringkat Terbaik II Penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran Tahun Anggaran 2018
28 Feb
2019
Kamis,28 Februari 2019

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah V Yogyakarta berhasil meraih penghargaan sebagai Peringkat Terbaik II dalam Penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran Tahun Anggaran 2018 kategori Nilai Pagu Lebih dari Rp 9.000.000.000,00 (sembilan milyar rupiah). Penghargaan berupa piagam diberikan dalam acara Sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan Nomor 196/PMK.05/2018 tentang Tata Cara Pembayaran dan Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah pada hari Kamis, 21 Februari 2019 bertempat di Ballroom Borobudur, Hotel Grand Mercure Yogyakarta. LLDikti Wilayah V diwakili oleh Sekretaris Lembaga, Yun Widiati, S.H. menerima penghargaan yang diserahkan oleh Kepala KPPN Yogyakarta, Istu Wahudi.  Selain itu, satker-satker penerima penghargaan juga mendapat apresiasi berupa kartu prioritas utama dalam mengakses layanan di KPPN Yogyakarta.   

 

Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) merupakan ukuran evaluasi kinerja pelaksanaan anggaran yang memuat 12 indikator dan mencerminkan aspek kesesuaian perencanaan dan pelaksanaan anggaran, kepatuhan pada regulasi, serta efektifitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan. Adapun 12 indikator tersebut adalah : 


1.    Pengelolaan Uang Persediaan
2.    Penyampaian Data Kontrak
3.    Tingkat Kesalahan SPM
4.    Retur SP2D
5.    Halaman III DIPA
6.    Revisi DIPA
7.    Penyelesaian Tagihan
8.    Rekonsiliasi LPJ
9.    Rencana Kas
10.    Realisasi Anggaran
11.    Pagu Minus
12.    Dispensasi SPM

Kementerian Keuangan merilis nilai IKPA secara periodik sebagai bahan evaluasi bagi satuan kerja, sehingga dapat meningkatkan kinerja anggaran untuk periode selanjutnya. Pada penilaian terhadap 12 indikator tersebut, LLDikti Wilayah V berhasil meraih nilai 99,68 untuk DIPA dengan kode satker 400907. Adapun peraih penghargaan Peringkat Terbaik I adalah Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik (Kementerian Perindustrian), sedangkan Peringkat Terbaik III adalah Balai Besar Latihan Masyarakat (Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI).


Keberhasilan tersebut tidak lepas dari komitmen dan kerja keras seluruh elemen pada LLDikti Wilayah V dalam melaksanakan anggaran di tahun 2018, dalam rangka menjalankan fungsinya memberikan pelayanan bagi pendidikan tinggi di wilayah DIY. Raihan ini juga menjadi pelecut untuk meningkatkan kinerja pelaksanaan anggaran di tahun-tahun selanjutnya, sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan perguruan tinggi, selaras dengan slogan  LLDIkti Wilayah V “Selalu PRIMA Untuk Anda” (Profesional, Responsif, Informatif, Mutu, Akuntabel)