LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI
WILAYAH V YOGYAKARTA
Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta
IKUTI KAMI
Berita LLDIKTI V local_library Hukum Kepegawaian dan Tata Laksana visibility 336 kali
Pelatihan Peningkatan Kompetensi dan Etos Kerja Pegawai di Lingkungan LLDIKTI Wilayah V Yogyakarta
11 Mar
2019
Senin,11 Maret 2019

LLDIKTI Wilayah V sebagai instansi yang memberikan pelayanan publik perlu menfasilitasi pegawainya untuk meningkatkan kompetensi dan etos kerja. Dalam hal ini, LLDIKTI Wilayah V menyelenggarakan pelatihan peningkatan kompetensi dan etos kerja tahun 2019. Kegiatan dengan tema kerjasama antar-bagian untuk satu unit kerja tersebut dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 22 s.d. 24 Februari 2019 bertempat di Hotel Puri Asri Magelang, Jawa Tengah. Pelatihan tersebut diikuti oleh 71 peserta yang seluruhnya merupakan pegawai LLDIKTI Wilayah V. Pelaksanaan kegiatan yang dimaksud bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan etos kerja guna menunjang kinerja yang lebih baik bagi pegawai.

 

Rangkaian kegiatan pelatihan tersebut dibuka oleh Dr.Ir. Bambang Supriyadi, CES., DEA., selaku Kepala LLDIKTI Wilayah V, dengan didampingi oleh Sekretaris Lembaga, Yun Widiati, SH. Turut hadir dalam acara pembukaan pejabat struktural LLDIKTI Wilayah V dan seluruh peserta pelatihan. Dalam laporan panitia yang disampaikan oleh Kepala Bagian Kelembagaan dan Sistem Informasi, Sukarsono Windu Kumoro, S.Kom., M.Kom., melaporkan secara singkat bahwa rangkaian kegiatan pelatihan dilaksanakan dengan durasi kurang lebih selama tiga hari yang diikuti oleh seluruh pegawai LLDIKTI Wilayah V. “ Rangkaian pelaksanaan kegiatan peningkatan kompetensi dan etos kerja agar diikuti sebaik-baiknya oleh seluruh peserta”, demikian pesan yang disampaikan oleh Kepala Lembaga dalam sambutan dan pengarahannya. Hal ini dimaksudkan agar seluruh peserta mengikuti rangkaian kegiatan pelatihan, baik pelatihan inclass maupun outclass.

 

Pelatihan pertama yang diikuti peserta sebagai pembuka adalah pelatihan inclass. Pelatihan tersebut memapaparkan materi sesuai tema yang diangkat dalam kegiatan, peningkatan kerjasama antar-bagian untuk satu unit kerja, dengan menghadirkan motivator dari Universitas Amikom Yogyakarta, Erik Hadi Saputra, S.Kom., M.Eng. Hal ini dimaksudkan agar seluruh pegawai senantiasa mempunyai rasa kebersamaan antar-bagian untuk mewujudkan tujuan hasil kerja yang maksimal satu unit kerja dengan menghilangkan rasa chauvinisme yang mengkotak-kotakkan kepentingan bagian. Diharapkan dengan materi tersebut terjalin kerjasama seluruh pegawai antar-bagian untuk satu unit kerja sebagai pelayan publik.

 

Pelatihan berikutnya adalah kegiatan outclass dengan materi aktifitas fisik (outbond) dengan tema serupa, peningkatan kerjasama antar-bagian. Outbond pertama adalah game kekompakan antara lain seperti membuat yel-yel, kuis beregu dan  human leader. Sementara itu untuk game konsentrasi antara lain seperti permainan instruksi, darts dan archery. Kedua game tersebut bertujuan untuk menjaga kekompakan antar peserta dan meningkatkan konsentrasi  sehingga selanjutnya diharapkan akan tercipta kerjasama dan kinerja yang lebih baik di lingkungan kerja.

 

Rangkaian kegiatan pelatihan ditutup dengan pelepasan pegawai purna tugas, Salimin S.Sos., staff Subbag. Perencanaan dan Penganggaran LLDIKTI Wilayah V, dengan masa kerja 33 tahun. Dalam Sambutannya, Yun Widiati, SH. selaku Sekretaris Lembaga mengucapkan salamat kepada pegawai purna tugas sebagai bentuk apresiasi yang sudah bertugas sampai masa pensiun. Pelepasan pegawai purna tugas tersebut menjadi penutup seluruh rangkaian kegiatan pelatihan peningkatan kompetensi dan etos kerja bagi pegawai LLDIKTI Wilayah V.