Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta, 55231 | (0274) 513538 | lldikti5@ristekdikti.go.id |


HOME

Berita

Penyerahan Salinan SK Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Tentang Izin Pendirian Program Studi Baru Bagi UII, UP'45 dan UNRIYO

09 Jan 2019
Kelembagaan dan Kerjasama
106 kali

Rabu, 9 Januari 2019, Kepala LLDIKTI Wilayah V Yogyakarta, Dr. Ir. Bambang Supriyadi, CES, DEA  menyerahkan Surat Keputusan (SK) Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi tentang Izin Pembukaan Program Studi Baru kepada 3 Perguruan Tinggi Swasta yaitu Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO),  Universitas Proklamasi 45 (UP45) dan Universitas Islam Indonesia (UII).  Penyerahan ke tiga Salinan Surat Keputusan dilakukan  bertempat di Kantor Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah V Yogyakarta. Universitas Respati Yogyakarta  yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Respati menerima SK Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 1028/KPT/I/2018 tentang Izin Pembukaan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan, yang diwakili oleh Wakil Rektor I UNRIYO, Dr. Fransiska Lanni, MS. Kemudian dilanjutkan Universitas Proklamasi 45 yang diselenggarakan oleh Yayasan Universitas Proklamasi 45 menerima SK Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 1126/KPT/I/2018 tentang Izin Pembukaan Program Studi Teknologi Teknologi Informasi, yang diwakili oleh Rektor UP45, Ir. Bambang Irjanto, MBA. Terakhir Penyerahan SK untuk Universitas Islam Indonesia yang diselenggarakan oleh Yayasan Badan Wakaf Universitas Islam Indoensia menerima SK Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 1142/KPT/I/2018 tentang Izin Pembukaan Program Studi Kimia Program Magister, yang diwakili oleh Rektor UII, Fathul Wahid, S.T.,M.Sc., Ph.D. 

 

 

Pada kesempatan tersebut Kepala LLDIKTI Wilayah V Yogyakarta menyampaikan bahwa penyerahan SK masa sekarang ini tidak hanya sekedar dikirim saja namun harus diserahkan kepada pimpinan Perguruan Tinggi yang bersangkutan. Secara umum untuk SK Perubahan Bentuk Perguruan Tinggi serta SK tentang Izin Pembukaan Program Studi Baru dapat diserahkan oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah setempat. 

Penyerahan SK adalah bentuk tanggung jawab dan kesanggupan perguruan tinggi untuk menjalankan program studi dimaksud. Selain itu saat penyerahan SK terdapat penandatanganan Surat Pernyataan oleh pimpinan Perguruan Tinggi. Surat Pernyataan digunakan sebagai pegangan apabila terjadi hal-hal yang tidak sesuai dengan SK. 

Selanjutnya perguruan tinggi yang telah menerima SK tentang Izin Pembukaan Program Studi Baru dapat melakukan promosi atau pengenalan kepada masyarakat luas dengan memasang baliho penerimaan mahasiswa baru sehingga dapat menarik calon mahasiswa untuk mendaftar pada program studi baru tersebut.