LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI
WILAYAH V YOGYAKARTA
Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta
IKUTI KAMI
Berita LLDIKTI V local_library Hukum Kepegawaian dan Tata Laksana visibility 1465 kali
Penyerahan SK Jabatan Fungsional dan Kenaikan Pangkat Dosen Periode 31 Januari 2019
01 Feb
2019
Jumat,01 Februari 2019

Dalam rangka meningkatkan kualitas tenaga pendidik di lingkungan LLDIKTI Wilayah V salah satunya adalah dengan menfasilitasi peningkatan jabatan bagi dosen. Hal ini dilakukan dengan metode  evaluasi Penilaian Angka Kredit (PAK) sampai proses diterbitkan dan penyerahan SK-nya. Penyerahan SK Jabatan Fungsional dan Kenaikan Pangkat dosen yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 31 Januari 2019 bertempat di Ruang Sidang Utama LLDIKTI dan diserahkan secara langsung oleh Kepala Lembaga, Dr.Ir. Bambang Supriyadi, CES., DEA. Dalam acara tersebut turut hadir pula mendampingi Kepala Bagian Umum dan Kepala Bagian Akademik Kemahasiswaan dan Sumber Daya, Dra. Suci Mumpuni, M.Si. dan Tunggul Priyono, S.H., M.Hum.

Penyerahan SK pada periode ini berjumlah 97 SK yang terdiri atas 1 SK Kenaikan Pangkat dari Penata Muda III/a menjadi Penata Muda Tk. I III/b dan 96 SK lainnya adalah SK Jabatan Fungsional yang terbagi atas 1 Lektor Kepala 550 angka kredit, 3 Lektor 300 angka kredit, 28 Lektor 200 angka kredit dan 64 yang lain adalah SK Asisten Ahli 150 angka kredit yang merupakan jabatan awal. Dalam acara penyerahan SK tersebut diundang 97 dosen penerima SK namun yang hadir hanya 83 undangan, sementara 14 undangan lainnya berhalangan hadir. Bagi dosen yang terpaksa tidak dapat hadir, pengambilan SK dapat diwakilkan dengan menunjukkan surat kuasa perwakilan. Namun jika tidak, penyerahan SK yang dimaksud dapat diikutkan pada periode berikutnya.

 

Dalam sambutan Kepala Lembaga, beliau menyampaikan bahwa sidang PAK tahun 2017 dilaksanakan sebanyak tujuh kali, tahun 2018 sebanyak sembilan kali dan tahun 2019 direncanakan akan diselenggarakan sebanyak sembilan kali seperti tahun sebelumnya. Sementara itu, penyerahan SK periode ini merupakan hasil sidang dan evaluasi PAK pada bulan Oktober 2018. Dalam kesempatan tersebut Kepala Lembaga menyampaikan permohonan maaf kepada dosen penerima SK jika serangkaian evaluasi PAK sampai diterbitkan SK dinilai “agak lamban”. Hal ini disebabkan oleh banyaknya usulan PAK dari dosen di seluruh Perguruan Tinggi Swasta dari waktu ke waktu semakin “membludak” sehingga disesuaikan dengan antrian saat pengusulan ke pengelola PAK di LLDIKTI Wilayah V.

“Untuk jabatan awal bapak/ ibu segera melaporkan ke Perguruan Tinggi untuk dilakukan update data forlap sehingga bisa mengikuti serdos”, beliau mengingatkan demikian pada akhir sambutannya. Oleh karena itu dosen penerima SK jabatan awal, baik jabatan Asisten Ahli 150 angka kredit dengan pendidikan magister maupun jabatan Lektor 200 angka kredit dengan pendidikan doktor, untuk segera melaporkan ke operator PDDIKTI Perguruan Tinggi masing-masing guna keperluan update data dosen sehingga dapat mengikuti seleksi serdos tahun 2019, dengan terlebih dahulu mengajukan permohonan SK Inpassing (Penyetaraan Pangkat).