LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI
WILAYAH V YOGYAKARTA
Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta
IKUTI KAMI
Berita LLDIKTI V local_library Sumberdaya visibility 1597 kali
Sosialisasi Beban Kerja Dosen (BKD) Di Lingkungan Perguruan Tinggi Swasta (PTS)
07 Feb
2019
Kamis,07 Februari 2019

Mengawali kegiatan perdananya di Tahun 2019, Subbag Sumberdaya melaksanakan kegiatan Sosialiasi Penyusunan Laporan Beban Kinerja Dosen (BKD) Perguruan Tinggi Swasta di lingkunan LLDIKTI Wilayah V. Kegiatan ini berlangsung dalam dua tahap, tahap pertama tanggal 4 dan tahap kedua 6 Februari 2019 bertempat di Ruang Sidang Utama LLDIKTI Wilayah V. Dalam sosialiasi kali ini hanya diundang peserta sejumlah 300 dosen dari total 352 dosen yang dinyatakan lulus sertifikasi dosen Tahun 2018, dan sudah mengikuti tahapan proses serdos tahun 2018. Kegiatan ini diharapkan mampu mencapai target utama dalam penyusunan BKD bagi seorang dosen agar mampu melaksanakan kewajibannya secara benar dan sesuai dengan pedoman BKD, karena hal ini merupakan dasar pemberian tunjangan serdosnya.

 

Acara ini dibuka oleh Kepala LLDIKTI V Dr. Ir. Bambang Supriyadi, CES., DEA. Dalam sambutan beliau menyampaikan bahwa seorang dosen yang baru lulus serdos tidak langsung serta merta mendapatkan tunjangan sertifikasinya, tetapi harus menunggu melalui tahapan proses berikutnya atau diberikan pada tahun berikutnya. Dan selain itu masih diperlukan beberapa persyaratan lain yaitu menyusun BKD, LKD dan lain lain. Apabila memenuhi dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku khususnya bagi dosen yang melakukan kegiatan sesuai standard baru berhak untuk mendapatkan serdosnya. Menurut Kepala Lembaga yang terpenting adalah dalam penyusunan BKD dosen itu harus jujur, obyektif, bertanggungjawab dan paham pedoman BKD. Dan terakhir dalam sambutannya Kepala Lembaga menyampaikan kemungkinan permasalahan yang akan timbul bagi dosen baru / dosen muda yang berjabatan fungsional dosen Asisten Ahli adalah terkait dengan beban mengajarnya, oleh karena diingatkan bagi pimpinan PTS untuk tidak memberikan beban mengajar hanya 1 mata kuliah, tetapi berikanlah mereka sesuai dengan beban yang sewajarnya.

 

Narasumber pada kegiatan ini adalah Prof. Ir. Moch. Teguh, M.SCE. Ph.D dari Universitas Islam Indonesia. Beliau menjadi salah satu Asesor Nasional yang dikirimkan LLDIKTI V untuk mewakili TOT Asesor BKD di Balikpapan yang merupakan salah satu dasar sebagai syarat menjadi asesor. Narasumber menyampaikan paparannya didampingi moderator Bapak Tunggul Priyono, SH., M.Hum Kepala Bagian Akademik Kemahasiswaan dan Sumberdaya dengan materi pedoman dan rubrik BKD terbaru 2018. Dalam salah satu paparannya beliau meyampaikan bahwa dsoen harus paham bagaimana cara menyusun BKD dan mencari Asesor untuk BKDnya. Dan beliau juga menyampaikan bagaimana mensiasati BKD dosen yang kurang yaitu dengan menambah kegiatan membimbing. Ditegaskan oleh narasumber bahwa penyusunan BKD jangan disamakan dengan menyusun angka kredit dosen untuk kepentingan Jabatan fungsional karena angka kredit dan BKD merupakan dua hal yang berbeda walaupun ada kemiripan. “.Bisa jadi dosen itu bisa memenuhi angka kreditnya tetapi belum tentu di BKDnya”. tegasnya. Materi terakhir diisi oleh Eko yuwono, S.T. Staf Subbagian Sistem Informasi dan Kerjasama tentang simulasi dan teknis pengisian BKD dan tanya jawab peserta mengenai seputar permasalahan pengisian Aplikasi BKD Dikti dilanjutkan dengan praktek dan diskusi. Sosialiasi Penyusunan Laporan BKD ditutup oleh Kabag Akademik Kemahasiswaan dan Sumberdaya LLDIKTI Wilayah V yang mengatakan bahwa BKD disusun di awal semester dan disusun diawal tahun, dan diingatkan pula bahwa dasar penyusunan BKD adalah trust/kepercayaan, oleh karena itu harus diisi dengan jujur, karena kejujuran adalah tanggungjawab manusia termasuk dosen.

  

Download Materi Sosialisasi