Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta, 55231 | (0274) 513538 | lldikti5@ristekdikti.go.id |


HOME

Berita

Workshop Registrasi Pendidik LLDIKTI V Tahun 2018

19 Nov 2018
Administrator
555 kali

Yogyakarta, 19 November 2018

Dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di perguruan tinggi swasta, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah V Yogyakarta menyelenggarakan Workshop Registrasi Pendidik pada Perguruan Tinggi Swasta di lingkungan LLDIKTI Wilayah V. Workshop dihadiri oleh 2 orang staf yang menangani NIDN dan Perubahan Data Dosen dari masing-masing Perguruan Tinggi di lingkungan LLDIKTI Wilayah V.

Selaku pemateri pada acara Workshop, Dr. Ir. Hendro Wicaksono, M.Sc., M.Eng., Kasubdit Kompetensi SDM Direktorat Jenderal SDM Iptek dan Dikti Kemristekdikti serta Fauzan Iswara Amri, .S. Kom. Acara di awali dengan laporan dari ketua panitia, Sudarno, S.Sos., Kepala Subbagian Kelembagaan LLDIKTI Wilayah V, dan dibuka oleh Sukarsono Windu Kumoro, S.Kom., M.Kom., Kepala Bagian Kelembagaan dan Sistem Informasi.

Sebagaimana kita ketahui bahwa Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi telah menetapkan Permenristekdikti Nomor 26 Tahun 2015 j.o. Nomor 2 tahun 2016 tentang Registrasi Pendidik pada Perguruan Tinggi, yang diantaranya mengatur Pemberian Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) bagi dosen tetap atau penuh waktu di Perguruan Tinggi Negeri. 

Seiring dengan pertumbuhan program studi dan jumlah mahasiswa, serta terbatasnya formasi pengangkatan dosen sebagai Pegawai negeri Sipil (PNS), beberapa Perguruan Tinggi Negeri, baik di bawah Kemenristekdikti maupun di kementerian/Lembaga Lain, telah melakukan perekrutan dosen tetap non-PNS. Berkenaan dengan keberadaan dosen tetap non-PNS, terdapat beberapa hal sebagai berikut:

1. Dosen tetap non (bukan) PNS dapat diusulkan untuk mendapatkan NIDN dengan memenuhi persyaratan sebagaimana diatur dalam Permenrsitekdikti No. 26 tahun 2015 j.o. No. 2 tahun 2016 tentang registrasi pendidik.

2. Pemberian NIDN untuk dosen tetap non-PNS hanya akan diberikan kepada dosen yang memiliki persyaratan perjanjian kerja (kontrak) dengan perguruan tinggi negeri untuk jangka waktu minimal 4 (empat) tahun, yang dapat diperpanjang lagi sesuai kebutuhan.

3. Dengan diberikannya NIDN kepada dosen tetap non-PNS, maka dosen tersebut mempunyai kewajiban dan hak setara dengan dosen tetap lainnya, seperti mengikuti kegiatan Sertifikasi untuk Pendidik (Serdos), memiliki karir jabatan akademik, memperoleh beasiswa, dan memperoleh bantuan dana penelitian.

4. Khusus dosen non-PNS yang diangkat oleh Rumah Sakit Pendidikan yang berada di satuan administrasi pangkal di luar Kemenristekdikti, makatidak diberikan NIDN melainkan diberikan NIDK (Nomor Induk Dosen Khusus) sesuai aturan yang berlaku.

Diakhir acara diberikan sesi konsultasi langsung dengan narasumber terkait permasalahan-permasalahan yang terjadi di masing-masing perguruan tinggi. Dimana terdapat permasalahan yang dapat dieksekusi pada saat itu juga dan permasalahan yang perlu penelaahan dalam mengatasinya.

Download materi narasumber:

1. Kebijakan registrasi dosen

2. Panduan Registrasi Pendidik pada Perguruan Tinggi