LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI
WILAYAH V YOGYAKARTA
Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta
IKUTI KAMI
Artikel local_library Administrator visibility 154 kali
3 Konsep Desain Yang Perlu Anda Ketahui Untuk Membuat Slide Presentasi Yang Menarik Bagi Audiens Anda
26 Mar
2020
Kamis,26 Maret 2020

Garr Reynolds dalam bukunya yang berjudul Presentation Zen Design : Simple Design Principles and Techniques to Enhance Your Presentations mengatakan bahwa jika ide Anda penting dan berharga untuk disebarkan, maka desain dan presentasi menjadi hal yang sangat krusial untuk digunakan. Lebih banyak orang yang mengetahui ide Anda, lebih powerfull ide Anda tersebut jadinya. Presentasi oral yang diperkuat dengan desain slide presentasi yang menarik merupakan cara yang sangat penting untuk menyebarluaskan pesan Anda.

Oleh karena itu, perancangan slide presentasi yang baik membutuhkan pengetahuan tentang desain.

Yang menjadi pertanyaan adalah apa konsep desain slide presentasi yang perlu Anda ketahui ?

Anda tidak harus menjadi seorang perancang untuk bisa membuat slide presentasi yang keren, namun pengetahuan dasar tentang desain sangat berharga untuk dimiliki oleh setiap presenter. Dengan demikian, Anda tidak hanya merancang slide presentasi yang efektif, tapi juga mengikuti sesuai dengan kaidah-kaidah desain yang baik.

Jika Anda membuat slide presentasi Anda sendiri, maka Anda akan tahu bagaimana cara membuat sebuah slide presentasi yang menarik bagi audiens Anda.

Jika Anda meminta bantuan orang lain untuk membuatnya, maka Anda pun bisa mendefinisikan seperti apa slide presentasi yang harus disiapkan untuk Anda.

Ada 3 konsep desain slide presentasi yang perlu Anda ketahui ketika Anda merancang slide presentasi. Ketiga konsep tersebut adalah sederhana, jelas dan visual.

Konsep Desain # 1 : Sederhana.

Slide yang sederhana adalah slide yang membuat audiens mudah memahami isi presentasi. Slide yang sederhana membuat audiens tidak perlu berpikir keras untuk memahami slide. Slide yang sederhana membuat Anda berfokus pada audiens, karena Anda tidak perlu sibuk membacakan isi slide yang penuh dengan teks.

Konsep Desain # 2 : Jelas.

Slide yang jelas adalah slide yang menggambarkan pesan yang hendak Anda sampaikan secara maksimal. Slide yang jelas membuat audiens Anda dapat menerima pesan dengan tepat.

Konsep Desain # 3 : Visual.

Slide yang baik harus memiliki kesan visual yang kuat, karena slide adalah alat bantu visual, sehingga harus bisa memuaskan audiens secara visual. Slide yang kuat secara visual dapat memunculkan emosi, rasa penasaran dan perhatian audiens untuk melakukan tindakan dan mengikuti presentasi Anda sampai akhir.

Anda coba perhatikan 3 contoh slide di bawah ini. Ketiga slide di bawah ini memuat tiga prinsip, yaitu : sederhana, jelas, dan visual.

Jika Anda menyampaikan pesan dengan menggunakan ketiga slide di atas yang disesuaikan dengan konteksnya, maka pesan Anda dapat diperkuat dengan menggunakan ketiga slide tersebut.

Karena kesederhanaan ketiga slide di atas, maka audiens Anda semakin mudah memahami pesan Anda yang didukung oleh slide tersebut.

Karena kejelasan ketiga slide tersebut, maka audiens Anda dapat menerima pesan Anda dengan tepat.

Karena tampilan visual yang kuat dari ketiga slide tersebut, maka akan memunculkan emosi, rasa penasaran dan perhatian audiens Anda untuk mengikuti presentasi sampai akhir.

Demikianlah, 3 konsep desain slide presentasi yang perlu Anda ketahui untuk dapat menarik perhatian bagi audiens Anda. Pertama, sederhana. Kedua, jelas. Dan ketiga, visual.

Sumber : https://erry-ricardo.com/2020/03/23/3-konsep-desain-yang-perlu-anda-ketahui-untuk-membuat-slide-presentasi-yang-menarik-bagi-audiens-anda/#.Xnv5lIgzbIU

BERITA TERBARUnew_releases