LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI
WILAYAH V YOGYAKARTA
Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta
IKUTI KAMI
Berita LLDIKTI V local_library Hukum Kepegawaian dan Tata Laksana visibility 362 kali
Awal Tahun 2020, LLDIKTI Wilayah V "Menghadiahi” SK Jabatan Fungsional Kepada 84 Dosen
27 Jan
2020
Senin,27 Januari 2020

“A good start will determine the success”. Demikian tema yang sesuai untuk ceremony penyerahan SK periode ini. Pada awal tahun 2020 Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V sebagai institusi yang memberikan pelayanan publik “menghadiahi” 84 SK Jabatan Fungsional. Hal ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas dan kompetensi dosen serta upaya optimalisasi penjaminan mutu pendidikan tinggi, khususnya pendidikan di perguruan tinggi swasta di lingkungan LLDIKTI Wilayah V Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah evaluasi Penilaian Angka Kredit (PAK) oleh tim pakar sebagai penilai karya ilmiyah sampai pada proses penerbitan Surat Keputusan oleh tim LLDIKTI.

Penyerahan SK Jabatan Fungsional Periode I tersebut dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 22 Januari 2020 bertempat di Ruang Sidang Utama LLDIKTI Wilayah V. 84 SK tersebut diserahkan secara langsung oleh Kepala Lembaga, Prof. Dr. Didi Achjari, M.Com., Akt., dengan didampingi oleh Dra. Suci Mumpuni, M.Si., selaku Kepala Bagian Umum LLDIKTI Wilayah V.

Dalam pidatonya, Suci melaporkan bahwa penyerahan SK pada periode ini berjumlah 84 SK yang terdiri atas 2 Lektor Kepala 550 angka kredit, 2 Lektor Kepala 400 angka kredit, 13 SK Lektor 300 angka kredit, 21 SK Lektor 200 angka kredit dan 46 yang lain adalah SK Asisten Ahli 150 angka kredit yang merupakan jabatan awal. Dalam acara penyerahan SK tersebut, LLDIKTI Wilayah V mengundang 84 dosen penerima SK, namun jumlah dosen yang hadir adalah 80 dosen, sementara 4 dosen  berhalangan hadir. Bagi dosen yang tidak dapat hadir pada acara tersebut, pengambilan SK dapat diwakilkan dengan menunjukkan surat dari perguruan tinggi atau dapat diikutkan pada penyerahan SK periode berikutnya. “Bapak ibu setelah menerima SK, baik SK jabatan akademik maupun SK kenaikan pangkat supaya melaporkan kepada pimpinan PT agar dapat diperbaruhi datanya pada Forlap Dikti. Pembaruan data dosen dengan mengunggah scan asli SK”, Suci menambahkan pada akhir laporannya. Hal ini dilakukan untuk menyiapkan diri mengikuti seleksi sertifikasi dosen tahun 2020, terutama bagi dosen yang masih berjabatan awal, baik Asisten Ahli 150 angka kredit untuk pendidikan terakhir S2 maupun Lektor 200 angka kredit untuk pendidikan terakhir S3.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Didi Achjari, M.Com., Akt selaku Kepala LLDIKTI Wilayah V  menyampaikan bahwa penyerahan SK periode ini merupakan hasil sidang dan evaluasi PAK pada bulan Oktober 2019. Penyerahan SK tersebut merupakan langkah awal bagi dosen untuk menggali kretaifitas lebih dalam. “Jangan merasa nyaman dengan predikat ahli”, demikian Prof. Didi menuturkan.

Hal ini berarti bahwa dosen diharapkan jangan hanya berhenti pada jabatan awal saja, yakni Asisten Ahli, justru dengan predikat awal tersebut diharap dosen lebih aktif dalam berkarya guna melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi. Sebagaimana disimpulkan dalam ungkapan berikut If you are confidence and never give up, life will give you the true happiness that you deserve”.