LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI
WILAYAH V YOGYAKARTA
Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta
IKUTI KAMI
Berita PT local_library Universitas Mercu Buana Yogyakarta visibility 253 kali
Bicara Buku HIMATIKA UMBY
19 Mei
2020
Selasa,19 Mei 2020

Buku adalah jendela dunia, dengan membaca maka akan membuka cakrawala. Pada masa pandemik yang tidak terkontrol ini, kegiatan membaca bisa jadi merupakan kegiatan yang mendominasi aktivitas kita. Mencari sumber informasi yang up to date, menyiapkan kegiatan pembelajaran, mereview data-data yang bisa digunakan untuk mendukung riset maupun sekedar mencari literatur, semua dilakukan dengan cara membaca.

Bertepatan dengan Hari Buku Nasional pada tanggal 17 Mei 2020 kemarin, mahasiswa-mahasiswi Pendidikan Matematika Universitas Mercu Buana Yogyakarta mengadakan acara “Bicara Buku”. Acara ini dilakukan sebagai salah satu agenda kegiatan mahasiswa dan juga menjadi ajang diskusi sembari menunggu waktu berbuka puasa. Kegiatan ini diikuti oleh beberapa mahasiswa, tidak semua dapat hadir karena keterbatasan sinyal ditempat masing-masing dan cuaca yang kurang mendukung.

Buku-buku yang dibahas kali ini bukan buku yang berkaitan dengan perkuliahan tetapi buku-buku favorit masing-masing mahasiswa peserta apapun itu jenisnya. Mahasiswa diminta untuk saling sharing menceritakan isi buku favoritnya masing-masing dan menyampaikan hal-hal yang mengesankan atau hal-hal yang menginspirasi dari buku tersebut. Sembari sharing tentang buku favorit masing-masing, mahasiswa juga diajak untuk berbuka puasa bersama dari tempat masing-masing sebelum kegiatan perkuliahan selesai karena jeda lebaran.

“Kegiatan ini cukup baik, karena selain menyajikan aktivitas yang positif juga sebagai sarana refreshing bagi mahasiswa yang selama ini berkutat dengan perkuliahan online. Selain itu kegiatan bicara buku disertai buka bersama ini dapat mengakrabkan kembali komunikasi mahasiswa satu sama lain karena sudah beberapa bulan tidak saling bertatap muka” Ujar Melania Eva Wulanningtyas selaku Ketua Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Mercu Buana Yogyakarta yang juga ikut serta dalam kegiatan bicara buku ini.