LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI
WILAYAH V YOGYAKARTA
Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta
IKUTI KAMI
Artikel local_library Akademik dan Kemahasiswaan visibility 235 kali
Fokus dan Percayalah
10 Jan
2020
Jumat,10 Januari 2020

Oleh: Erik Hadi Saputra
Tim LKMM LLDikti Wilayah V Yogyakarta
Kaprodi Ilmu Komunikasi Universitas AMIKOM Yogyakarta
Direktur Kehumasan dan Urusan Internasional Universitas AMIKOM Yogyakarta

Ada film The Karate Kid (2010), ada suatu adegan ketika ShaoDre menyatakan keberatannya kepada MrHan.Penyebabnya adalah karena ia terus-menerus berlatih melepaskan, menjatuhkan,danmengenakan jaketnya.Ia merasa semua latihan itu sia-sia. “Sudah saya katakan. Saya mengerti, oke? Hormatilah! Saya paham! Saya mengenakan jaket saya ribuan kali, dan saya melepasnya seribu kali, oke? Ini bodoh. Saya selesai! Biarkan mereka memukuli saya, jika mereka mau. Anda tahu mengapa Anda hanya memiliki satu siswa? Karena anda tidak tahu kungfu,"Seru ShaoDre sambil berlalu menuju pintu keluar. Mr.Han kemudian memanggilnya. “Shao Dre, ke sini. Pakai jaketmu." Walaupun membantahnya, namun ShaoDre tetap mencoba memakai jaketnya namun ditahan oleh tangan MrHan, yang kemudian mengambil jaket dan menjatuhkannya lagi. Ia kemudian menyuruh Shao Dre menyambilnya kembali, sambil berkata "Pakai jaketmu."

Walaupun merasa tak berguna, ShaoDre mencoba mengayunkan tangan kanannya. Tangan itu langsung ditangkis (ditangkap) oleh Mr.Han dengan tangan kanannya dan berkata “Pakai jaketmu! Jadilah kuat. Lepaskan jaketmu! ingatlah untuk tetap kuat! Mr Han pun terus memberikan aba-aba. Kedua nya pun lama-kelamaan benar-benar terlihat berlatih kungfu. "Fokus, konsentrasi, Kiri belakang, ambil jaketmu, kanan belakang, ambil jaketmu, ambil jaketmu, serang, lebih kuat!" Kata-kata Mr Han tersebut menjadi penyemangat untuk ShaoDre yang akhirnya membuat dia sadar bahwa inilah yang dia lakukan selama ini. Sesuatu yang sama dilakukan berulang-ulang, sampai ribuan kali. Pada akhir latihan, Mr.Han mengatakan kepada ShaoDre bahwa kungfu hidup dalam semua yang kita lakukan. Hal itu hidup dalam cara kita memakai jaket dan bagaimana kita melepas jaket. Hal itu hidup dalam cara kita memperlakukan orang lain. "Semuanya adalah kungfu," ujar Mr.Han. 

Pembaca yang kreatif, banyak orang yang sudah melakukan kegiatan rutin harian, melakukan hal yang sama berulang kali, namun tetap saja tidak pernah mencapai kondisi expert. Mengapa? karena dia melakukan semuanya hanya sekedar pekerjaan. Tidak ada kegairahan dan kekuatan dalam aktivitasnya. Semua tampak biasa-biasa saja. Sayang sekali, orang yang melakukan pekerjaan yang sama ber tahun-tahun, tetapi tidak ada perubahan dan peningkatan. Bahkan yang terjadi adalah kemunduran dari pekerjaannya. Kalau orang ini mau lebih ber semangat, tentu dia bisa belajar dari kata-kata magis Mr. Han yaitu 'fokus dan kuat'. 

Pembaca yang kreatif, menjadi fokus memang tidak mudah tapi kita bisa melakukannya. Salah satu caranya, yakinkan diri pribadi bahwa yang Anda lakukan ini tidak akan sia-sia. Semua ini pasti bermanfaat. Mungkin sekarang Anda belum mengerti manfaatnya. Namun pimpinan anda atau pendahulu anda pasti tahu. Karena mereka sudah pernah melakukannya. Anda bisa belajar dan meminta pandangan mereka.

Alkisah, terdapat seorang manajer yang melakukan pemasaran produk atau jasanya. Dia bertanya kepada saya, apa yang saya lakukan selama ini? Dia bertanya kepada teman yang lain apa yang mereka lakukan? Dan dia bertanya juga dengan teman lainnya lagi, bagaimana cara mereka melakukan semuanya? Manajer ini tidak per nah membantah kata-kata temannya yang menurut dia sudah ber hasil. Apa yang dia kerjakan? Ia hanyalah melakukan apa yang sudah pernah dilaku kan orang lain. Baginya cukup dengan percaya. Keyakinan itu dia tambah dengan kekuatan tim nya dan inovasi pada usa hanya. Apa yang terjadi sekarang Produk atau jasanya men jadi salah satu yang terbaik yang pernah ada. Pembaca yang kreatif, fokus, dan percayalah.

Sehat dan sukses selalu.
 

 

Tulisan ini telah dimuat di harian Republika tanggal 3 Januari 2019 di Rubrik Inspira halaman 13.