LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI
WILAYAH V YOGYAKARTA
Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta
IKUTI KAMI
Berita LLDIKTI V local_library Hukum Kepegawaian dan Tata Laksana visibility 407 kali
Kepala LLDIKTI Mendukung Percepatan Kenaikan Jabatan Dosen
18 Mar
2020
Rabu,18 Maret 2020

Yogyakarta – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V Yogyakarta sebagai instansi yang memberikan pelayanan kepada seluruh perguruan tinggi swasta di D.I. Yogyakarta, termasuk tenaga pendidik di dalamnya. Salah satu bentuk pelayanannya adalah dengan menfasilitasi usulan kenaikan jabatan fungsional. Dalam hal ini, LLDIKTI gencar memberikan dukungan kepada seluruh tenaga pendidik untuk mempercepat usulan jabatannya, karena bagaimanapun juga jabatan fungsional tersebut untuk memperlancar perjalanan karir tenaga pendidik yang dimaksud. Seperti halnya penyerahan SK Jabatan Fungsional yang merupakan hasil evaluasi bulan Januari dan Februari 2020.   

Penyerahan SK periode V yang digelar pada hari Kamis 12 Maret 2020 di Ruang Sidang Utama kantor LLDIKTI Wiayah V tersebut  menghadirkan Kepala LLDIKTI, Prof. Dr. Didi Achjari, S.E., M.Com., Akt yang didampingi oleh Dra. Suci Mumpuni, M.Si. selaku Kepala Bagian Umum LLDIKTI. Ceremony penyerahan dengan tema utama dukungan LLDIKTI guna percepatan kenaikan jabatan tersebut mengundang 122 dosen penerima SK, namun hanya 110 yang hadir, 12 diantaranya berhalangan untuk hadir, sehingga pengambilan SK dapat diwakilkan ke bagian SDM perguruan tinggi atau dapat diikutkan pada periode penyerahan berikutnya.

Dalam laporannya, Kepala Bagian Umum LLDIKTI Wilayah V, Dra. Suci Mumpuni, M.Si. menyampaikan bahwa penerima SK pada periode V ini berjumlah 122 SK, dengan rincian 18 SK Lektor 300 angka kredit, 33 SK Lektor 200 angka kredit dan 71 lainnya adalah SK jabatan awal Asisten Ahli 150 angka kredit. Sementara, ditinjau dari bentuk perguruan tingginya terbagi atas 94 berasal dari universitas, 3 dari institut, 8 dari sekolah tinggi, 14 dari akademi dan 3 sisanya berasal dari politeknik.

“Penolakan Lektor Kepala ke atas sampai ke Guru Besar akan dilakukan audiensi untuk memastikan apakah penolakan tersebut betul-betul bagian dari keteledoran pengusul”, papar Kepala Lembaga dalam sambutannya. Hal ini berarti bahwa tim LLDIKTI yang melaksanakan urusan kenaikan jabatan akan mengevaluasi kembali penolakan usulan tersebut sehingga dapat memastikan apakah usulan tersebut betul-betul bagian dari kesalahan pengusul, namun jika hal tersebut tidak terbukti dan menunjukkan bahwa usulan sudah benar dan sesuai dengan peraturan yang berlaku, maka usulan tersebut dan diajukan kembali dengan memberikan catatan bahwa usulan sudah benar.

Pada akhir sambutannya Kepala Lembaga menegaskan bahwa LLDIKTI sedang menggarap aplikasi usulan jabatan fungsional dosen dengan tujuan memberikan kemudahan tidak hanya bagi pengusul, melainkan juga bagi pemroses di LLDIKTI. Pemberlakukan usulan jabatan secara online tersebut akan di-launching  dalam waktu yang tidak lama lagi. Hal demikian merupakan bagian dari salah satu upaya LLDIKTI untuk memberikan dukungan dalam mempercepat proses usulan jabatan bagi dosen.