LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI
WILAYAH V YOGYAKARTA
Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta
IKUTI KAMI
Berita LLDIKTI V local_library Hukum Kepegawaian dan Tata Laksana visibility 248 kali
Koordinasi dan Sosialisasi Presensi Online Dosen DPK
11 Mar
2020
Rabu,11 Maret 2020

Yogyakarta – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V Yogyakarta sebagai instansi dibawah lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berinovasi mengembangkan sistem berbasis online. Sistem tersebut dipergunkan sebagai media untuk memberikan kemudahan bagi Dosen Dipekerjakan (DPK) untuk melakukan presensi pada hari kerja. Berdasarkan kebijakan Kemdikbud, hari kerja dimaksudkan disini adalah hari aktif Senin s.d. Jumat (Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 68 Tahun 1995 Tentang Hari Kerja di Lingkungan Lembaga Pemerintah).

Presensi online tersebut di-launching pada hari Rabu 11 Maret 2020 dengan mengundang admin atau personel yang menangani urusan kepegawaian perguruan tinggi swasta di lingkungan LLDIKTI Wilayah V yang berasal dari 62 perguruan tinggi tempat penugasan Dosen DPK dari total 102 perguruan tinggi swasta di Yogyakarta. Admin tersebut ditunjuk untuk bertanggung jawab dalam urusan presensi Dosen DPK. Kegiatan yang digelar di Ruang Sidang Utama LLDIKTI Wilayah V tersebut menghadirkan Kepala Lembaga, Prof. Dr. Didi Achjari, S.E., M.Com., Akt., dengan didampingi oleh Sekretaris Lembaga, Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H. untuk memberikan sambutan dan pengarahan kepada seluruh peserta kegiatan. Hadir pula dalam acara tersebut, Dra. Suci Mumpuni, M.Si selaku Kepala Bagian Umum sebagai penanggung jawab kegaiatan serta Kepala Bagian Kelembagaan dan Sistem Informasi, Sukarsono Windu Kumoro, S.Kom., M.Kom. sebagai narasumber dengan didampingi oleh Kepala Subbagian Hukum, Kepegawaian dan Tata Laksana, Denes Kustinah, S.Pd. sebagai moderator.

“Presensi online tersebut ditujukan untuk memberikan kemudahan kepada dosen DPK dan admin perguruan tinggi dengan media berbasis online, yang mana sebelumnya masih collecting by paper, dan itu dinilai kurang efisien”, papar Kepala Lembaga dalam sambutannya. Hal ini berarti bahwa untuk kepentingan efisiensi urusan presensi dosen DPK dirancang presensi berbasis online untuk memberikan kemudahan tidak hanya kepada dosen yang bersangkutan dan admin perguruan tinggi, namun juga memberikan kemudahan kepada LLDIKTI untuk menvalidasi dan proses lanjutan.

Dalam pemaparan materi oleh narasumber, Kepala Bagian Kelembagaan dan Sistem Informasi LLDIKTI Wilayah V menegaskan bahwa bagi perguruan tinggi yang belum mempunyai  IP statis , dipersilahkan untuk melakukan presensi manual,  tetapi admin perguruan tinggi bertanggung jawab untuk meng-upload-nya di sistem presensi online Namun demikian, selanjutnya diharapkan semua perguruan tinggi mempunyai IP statis sehingga kemudahan dapat dinikmati semua perguruan tinggi yang dimaksud. Sebagaimana hal tersebut diketahui bahwa presensi dilakukan dengan terlebih dahulu mendaftarkan IP statis masing perguruan tinggi ke LLDIKTI untuk selanjutnya diintegrasikan berdasarkan lokasi.

Handout Dosen DPK

Handout Admin PT

BERITA TERBARUnew_releases