LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI
WILAYAH V YOGYAKARTA
Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta
IKUTI KAMI
Berita PT local_library Universitas Mercu Buana Yogyakarta visibility 906 kali
PBI UMBY Terus Tingkatkan Literasi Membaca Mahasiswa
02 Jan
2020
Kamis,02 Januari 2020

Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan kegiatan general lecture yang bertempat di Kampus 1 UMBY pada sabtu (28/12) dengan mengusung tema ‘Exploring the World through the Love of Literacy”. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pentingnya literasi di dunia pendidikan Indonesia dengan dihadiri 100 an mahasiswa dari PBI UMBY, 5 mahasiswa dari universitas lain, dan 6 dosen PBI UMBY serta 1 dosen dari universitas lain. PBI UMBY mengundang seorang pembicara yang memiliki kecintaan di bidang literasi yaitu Ibu Yuseva Ariyani I., M.Ed. yang merupakan dosen di Universitas Sanata Dharma di Yogyakarta dan sedang menempuh kuliah S3 di Ohio State University.

Tema kecintaan terhadap literasi diusung karena Mendikbud, Nadiem Makariem menilai Indonesia sedang mengalami krisis literasi (RadarBekasiID). Oleh karena itu, PBI UMBY ingin mahasiswa sebagai sumber daya manusia (SDM) unggul masa depan sadar pentingnya literasi di dunia pendidikan sekarang. Ibu Elysa Hartati., M.Pd., kaprodi PBI UMBY, juga menegaskan bahwa mahasiswa PBI UMBY seyogyanya ikut andil dalam meningkatkan literasi di dunia pendidikan Indonesia.

            Ibu Yuseva Ariyani I., M.Ed. berbagi pengalaman tentang literasi baca yang membawanya bisa mendapatkan beasiswa fulbright di Ohio State University. Kegiatan ini membuat mahasiswa sangat antusias mengikuti kegiatan dan berbagi pengalaman mereka terkait kegiatan literasi. Selain itu, pembicara memberikan buku bagi mahasiswa yang berkenan berpartisipasi dalam acara kuliah umum.

            Acara yang berlangsung selama 2 jam itu mampu membangun motivasi mahasiswa untuk gemar membaca. Dengan tips dan trik yang diberikan oleh Ibu Yuseva, mahasiswa bisa mengetahui buku atau teks apa yang sesuai dengan ketertarikan dengan diri mereka dengan target reading for pleasure. Setelah itu, bisa membuat membaca sebagai habit dan meningkatkan literasi mereka. Acara pun ditutup dengan tukar suvenir dari pembicara dan kaprodi dilanjutkan dengan foto bersama.

BERITA TERBARUnew_releases