LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI
WILAYAH V YOGYAKARTA
Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta
IKUTI KAMI
Berita PT local_library Institut Teknologi Nasional Yogyakarta visibility 79 kali
Pelepasan Mahasiswa KKN ITNY Ganjil 2019/2020
16 Jan
2020
Kamis,16 Januari 2020

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa. Bertempat di Auditorium Pietoyo Sukarbowo, sebanyak 461 mahasiswa Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) dilepas oleh Rektor ITNY, Dr. Ir. Ircham, MT, di Kabupaten Kulonprogo dan Kabupaten Bantul, (10/1).  Tema KKN periode Ganjil 2019/2020 ini adalah Penerapan IPTEK untuk mendukung Masyarakat Sehat dan Sejahtera. KKN ini akan berlangsung selama satu bulan di tiga lokasi yaitu Kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulonprogo, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, dan Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul.

Acara pelepasan KKN tersebut juga dihadiri oleh Bappeda Kabupaten Kulonprogo, Bappeda Kabupaten Bantul, Wakil Rektor, Ketua Program Studi, serta para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN. Sementara penerjunan mahasiswa di lokasi KKN dilaksanakan pada hari Senin, 13 Januari 2020. Penerjunan dan serah terima mahasiswa KKN ditandai dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima mahasiswa KKN oleh Kepala LPPMI ITNY, Dr. Ani Tjitra Handayani, ST., MT, dengan pihak Kecamatan Sanden, Pundong, dan Nanggulan. Dalam acara penerjunan tersebut, disampaikan bahwa sesuai dengan Perjanjian Kerja Sama antara Kecamatan Sanden dan Nanggulan dengan LPPMI ITNY, program unggulan yang dilaksanakan oleh mahasiswa berbasis pemetaan digital wilayah desa sekaligus potensi pengembangan desa wisata yang ada di lokasi KKN.

Sebelum penerjunan ini, mahasiswa telah dibekali oleh materi-materi yaitu Attitude, peta digital, desa wisata, infrastruktur, Teknologi Tepat Guna, serta materi-materi potensi dan isu-isu dari pihak Desa dan Kecamatan.

“Harapannya melalui kegiatan KKN ini, mahasiswa dapat merealisasikan teori dan ilmu yang telah didapatkan di bangku perkuliahan ke lingkungan masyarakat melalui program-program yang sudah direncanakan. Setelah lulus nantinya, seluruh mahasiswa mampu menciptakan solusi bagi permasalahan yang ada” tutup Kepala LPPMI ITNY.