LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI
WILAYAH V YOGYAKARTA
Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta
IKUTI KAMI
Berita LLDIKTI V local_library Hukum Kepegawaian dan Tata Laksana visibility 21145 kali
Penyerahan 177 SK Jabatan Fungsional Dosen dalam Ceremony Penyerahan Periode IX
11 Nov
2019
Senin,11 November 2019

Yogyakarta – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V gencar meningkatkan kualitas tenaga pendidik di lingkungan Perguruan Tinggi Swasta di Provinsi D.I. Yogyakarta. Salah satu upaya yang dilakukan LLDIKTI adalah memberikan fasilitas dalam rangka  meningkatkan jabatan fungsional akademik dosen, baik dosen DPK maupun dosen yayasan. Fasilitas tersebut antara lain proses Penalian Angka Kredit (PAK) sampai penyerahan SK-nya.

Dalam ceremony penyerahan SK jabatan fungsional akademik periode IX tersebut mengundang 177 dosen penerima SK. Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Lembaga, Prof.Dr. Didi Achjari, M.Com, Akt., dengan didampingi oleh Dra. Suci Mumpuni, M.Si., selaku Kepala Bagian Umum LLDIKTI Wilayah V untuk menyerahkan secara langsung SK tersebut kepada dosen yang bersangkutan. Acara yang digelar di ruang sidang utama LLDIKTI Wilayah V, Rabu 30 Oktober 2019 tersebut dihadiri oleh 154 dosen penerima SK, baik dosen DPK maupun dosen yayasan, dari total 177 undangan, sementara 23 orang lainnya berhalangan hadir, sehingga penyerahan SK yang bersangkutan dapat diikutkan pada periode berikutnya atau dapat diwakilkan oleh Perguruan Tinggi masing-masing dengan menunjukkan surat ijin atau Surat Kuasa pengambilan.

Dalam laporannya, Kepala Bagian Umum menyampaikan bahwa penyerahan SK pada periode IX ini berjumlah 177 SK yang terbagi atas Lektor Kepala berjumlah 4 SK, 19 Lektor 300 angka kredit, 38 Lektor 200 angka kredit dan 116 yang lain adalah SK Asisten Ahli 150 angka kredit yang merupakan jabatan awal. Lebih lanjut disampaikan bahwa ditinjau dari bentuk perguruan tingginya, penyerahan SK yang merupakan hasil evaluasi Penilaian Angka Kredit pada bulan Juli - Agustus 2019 tersebut terbagi atas 139 SK berasal dari Universitas, 2 Institut, 28 Sekolah Tinggi, 6 akademi dan 2 lainnya berasal dari Politeknik. “SK yang diterima Bapak/ Ibu agar segera disampaikan ke Perguruan Tinggi masing-masing untuk dilakukan update data di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti), terutama bagi dosen penerima SK jabatan awal untuk dapat mengikuti seleksi sertifikasi dosen pada tahun 2020 mendatang”, demikian beliau mengingatkan pada akhir laporannya.

"Penerimaan SK Jabatan Fungsional merupakan langkah awal Bapak/ Ibu dalam mengembangkan karir sebagai akademisi dan turut serta dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia”. Kepala Lembaga menyampaikan demikian dalam sambutannya. Hal ini berarti bahwa sebagai tenaga pendidik yang bertugas di Perguruan Tinggi Swasta di lingkungan LLDIKTI Wilayah V senantiasa dituntut untuk giat melaksanakan pendidikan/ pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang terangkum dalam pelaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi. Selain itu, hal ini merupakan dorongan Kepala Lembaga kepada seleuruh pendidik untuk terus berkarya dalam sebuah penelitian sehingga hasil penenlitian dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas serta dapat dijadikan sebagai salah satu persyaratan untuk mengusulkan kenaikan jabatan fungsional/ pangkat berikutnya.

Pada akhir sambutannya, Kepala Lembaga senantiasa mengingatkan agar SK Jabatan Fungsional yang sudah diterima agar di-scan dan disimpan dalam bentuk e-data. Hal ini dimaksudkan agar memudahkan dalam penyimpanan dan memudahkan dalam pencarian saat diperlukan untuk lampiran dokumen tertentu sehingga lebih efektif dan efisien dengan prinsip paperless dikarenakan pada masa mendatang hard-document akan berangsur-angsur tereduksi dengan soft-document. Sebagaimana diperkuat oleh pernyataan Stephen Poe, "electronic documents are redefining how we communicate. It is important to understand how we manage our information today impacts our ability to communicate in the future" (Poe, 2001).