LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI
WILAYAH V YOGYAKARTA
Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta
IKUTI KAMI
Berita LLDIKTI V local_library Kelembagaan visibility 102 kali
Penyerahan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Izin Pembukaan Program Studi Baru Teknik Lingkungan Program Magister pada Institut Teknologi Yogyakarta
13 Feb
2020
Kamis,13 Februari 2020

Yogyakarta - Kepala LLDikti Wilayah V Yogyakarta, Prof. Dr. Didi Achjari,S.E., M.Com., Akt. menyerahkan Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Izin Pembukaan Program Studi Baru kepada Institut Teknologi Yogyakarta (ITY).  Penyerahan Surat Keputusan dilakukan bertempat di Gedung Auditorium Kampus Terpadu Institut Teknologi Yogyakarta. Yayasan Lingkungan Hidup Yogyakarta sebagai penyelenggara ITY menerima SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14/M/2020 tentang Izin Pembukaan Program Studi Teknik Lingkungan Program Magister, yang diterima oleh Rektor ITY Prof. Dr. Ir. H. Chafid Fandeli dan  Anggota Pembina Yayasan GKBRAy Atika Purnomowati, S.E.

GKBRAy Atika Purnomowati, S.E. dalam sambutannya mengungkapkan bahwa keluarnya izin Pembukaan Program Studi Teknik Lingkungan Program Magister ini merupakan sebuah amanah dari pemerintah juga amanah dari masyarakat Indonesia. Rasa syukur harus dibarengi dengan semangat bekerja dan berkarya lebih karena ini sebuah big challenge untuk kami karena perlu waktu empat tahun proses sampai akhirnya SK keluar. Selain itu Ketua Yayasan juga menyampaikan program studi ini tidak semata - mata bentuk pengembangan institut tetapi juga menjadi media untuk berkontribusi untuk masyarakat Indonesia melalui kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selanjunya Yayasan Lingkungan Hidup Yogyakarta akan bekerja bersama seluruh stakeholder untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan meningkatkan daya saing pendidikan bangsa.

Selanjutnya dalam kesempatan yang sama Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah V Yogyakarta Prof. Dr. Didi Achjari,S.E., M.Com., Akt. dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Program Studi Teknik Lingkungan Program Magister ini merupakan yang pertama di LLDikti Wilayah V, di Indonesia baru ada 5 perguruan tinggi yang menyelenggarakan yaitu Universitas Andalas, Universitas Hasanudin, Institut Teknologi Sepuluh November, Institut Teknologi Bandung dan Institut Teknologi Adhi Tama Suranaya. ITY menjadi yang ke-6 di Indonesia yang menyelenggarakan program studi ini. Kami sangat mendukung inovasi – inovasi semacam ini, saat ini pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuka seluas – luasnya program studi yang relevan untuk pembangunan bangsa dan negara. Menjadi tantangan ITY untuk terus meningkatkan mutu dan relevansi di dunia kerja agar para alumninya dapat diserap di dunia kerja. Menjalin Kerja sama dengan Kemeterian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi ini menjadi contoh yang baik untuk relevansi penyerapan alumni. Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada ITY dan semoga menjadi berkah bagi seluruh civitas akademik di ITY.

SK adalah bentuk legalitas perguruan tinggi untuk menjalankan program studi dimaksud. Selain itu saat penyerahan SK juga dilakukan penandatanganan Surat Pernyataan kesanggupan oleh pimpinan Perguruan Tinggi untuk melaksanakan kewajiban – kewajibannya sebagaimana yang termaktub dalam SK.