LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI
WILAYAH V YOGYAKARTA
Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta
IKUTI KAMI
Melawan Covid-19 local_library Universitas Widya Mataram Yogyakarta visibility 166 kali
Peran Alumni UWM dalam Solidaritas Covid-19
09 Apr
2020
Kamis,09 April 2020

Dampak sosial dan ekonomi akibat merebaknya Covid-19 telah dirasakan berbagai lapisan masyarakat, termasuk para mahasiswa, terutama mahasiswa perantau yang tinggal di asrama, kontrakan, dan kos. Tidak sedikit yang mengeluh karena kesulitan mengakses kebutuhan pangan, uang saku yang semakin habis, adanya pembatasan mobilitas di suatu wilayah, hingga banyaknya tempat-tempat makan yang tutup.

Atas dasar rasa kemanusiaan dan kepedulian sosial, Sri Wahyudi, S.IP., Ketua Ikatan Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Widya Mataram (UWM), mengatakan dirinya turut prihatin dengan situasi saat ini sehingga terketuk jiwa sosialnya untuk membantu para mahasiswa UWM yang membutuhkan selama masa pandemi Covid-19.

“Alumni itu ibarat mantan tetapi tetap setia. Selalu hadir untuk besama-sama ikut bersyukur manakala keluarga berbahagia. Alumni juga selalu hadir untuk mengulurkan tangan, merangkul dan menggandeng pada saat keluarga membutuhkan bantuan,” terang Wahyudi pada Rabu (8/4/2020).

Alumni yang aktif di Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY itu menuturkan, dalam masa pendemi Covid-19 ini kondisi adik-adik angkatan harus kuliah secara daring, dan harus tetap tinggal di Jogja demi keselamatan bersama. Persoalan sulit mendapatkan kebutuhan makanan bagi mereka akhirnya terjawab dengan adanya aksi penggalangan dana untuk sembako yang dilakukan para pejabat, dosen, karyawan, dan alumni UWM.

Wakil Rektor III, Puji Qomariyah, S.Sos., M.Si., menyampaikan, mahasiswa dan alumni adalah elemen penting dalam perkembangan kampus. Alumni merupakan pihak luar yang krusial memiliki ikatan emosional yang kuat dalam kontribusinya berperan aktif membesarkan almamaternya. Karakter alumni adalah cermin karakter kampus.

Alumni Program Studi Ilmu Administrasi Negara (saat ini Administrasi Publik) Angkatan 1990, Sujimat, S.IP menuturkan sebagai alumni seharusnya tetap responsif terhadap perkembangan kampus, apalagi menyangkut mahasiswa. Dirinya menyambut baik dan positif atas kepedulian pihak kampus menggandeng alumni dalam menghadapi pandemi Covid-19 untuk bahu membahu membantu para mahasiswa yang terdampak.

“Idealnya komitmen para alumni selalu dibangun untuk meningkatkan solidaritas dan kebersamaan. Salah satunya untuk merespon situasi sosial termasuk berkontribusi dalam kehidupan bermasyarakat,” jelas alumni yang saat ini mengabdi di Inspektorat Kabupaten Tanjung Jabung Timur Jambi itu.

Sujimat mengatakan kesederhanaan dan keterbatasan justru menjadi tantangan dan motivasi untuk bisa maju, berilmu pengetahuan, dan terampil dalam multi sektor kehidupan. Pesan yang disampaikan kepada mahasiswa yakni tetap optimis, tidak berputus asa, dan siap bekerja keras menunjukkan eksistensi sebagai manusia terdidik.

Demikian juga dengan Yusuf, S.Sos, Alumni Program Studi Sosiologi Angkatan 2009. Menurutnya, menjaga nama baik dan mensosialisasikan informasi kampus harus tetap dilakukan oleh setiap alumni untuk almamaternya.

“Kepedulian ini sangat membantu para mahasiswa dan upaya pemerintah dalam menangani wabah Covid-19. Sebagai alumni kami ikut berperan, baik dalam pemikiran maupun materi sesuai nurani masing-masing,” pungkas Yusuf.