LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI
WILAYAH V YOGYAKARTA
Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta
IKUTI KAMI
Berita PT local_library Universitas Aisyiyah Yogyakarta visibility 66 kali
UNISA Yogya Berkontribusi di SMP 1 Turi Sleman
27 Feb
2020
Kamis,27 Februari 2020

Yogyakarta dan sekitarnya, Jum'at (21/2), dikagetkan dengan berita musibah yang menimpa saudara-saudara kita dari SMP 1 Turi, Sleman. Pasca kejadian tersebut, para Psikolog bergerak cepat dalam membantu orang tua dan siswa untuk memberikan penguatan mental. UNISA Yogya yang diwakili oleh Ratna Yunita Setiyani,M.Psi.,Psikolog., selaku Dosen Psikologi serta 6 Mahasiswa berkontribusi aktif dalam pemberian asesmen dan terapi.

Menurut Ratna Yunita, informasi yang datang sewaktu-waktu berkemungkinan membuat shock atau kaget, sehingga dukungan dan penguatan selalu diberikan untuk orang tua, siswa, maupun guru. Dalam 24 jam mereka dibagi menjadi 3 shift berjaga di SMP 1 Turi dan Puskesmas Turi. Kegiatan pendampingan Psikologi dilakukan setiap hari hingga Sabtu, 29 Februari 2020.

Para guru diberikan keterampilan dasar untuk pendampingan psikologis pada siswa untuk mendukung kelancaran KBM. Psikolog Pendidikan bisa memberi motivasi dan membantu mengembalikan fokus atau konsentrasi siswa. Pendampingan juga dilaksanakan bagi siswa yang tidak masuk sekolah secara home visit.

Pendampingan psikologis yang dilakukan antara lain dengan ice breaking, asesmen awal berupa screening, ventilasi dan stabilisasi emosi, art therapy, dan relaksasi. Tidak hanya UNISA Yogya, beberapa Perguruan Tinggi, Instansi Pemerintah, dan Organisasi Psikologi juga berkontribusi aktif dalam penanganan kejadian tersebut. 

BERITA TERBARUnew_releases